PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER

PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER

Pengertian dan definisi komputer – kata komputer datang dari kata bahasa Yunani “Computare” yang memiliki arti mempertimbangkan atau menyatukan bersama. Kata com memiliki arti menyatukan dalam pemikiran atau secara psikis, dan putare memiliki arti pikirkan penghitungan atau penyatuan. Dengan bahasa Inggris: “To Compute” yang maknanya hitung.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology yakni kata komputer sebagai kata untuk “orang yang hitung” yang dipakai dengan bahasa inggris di tahun 1646. Selanjutnya di tahun 1897 kata komputer sebagai kata untuk”alat kalkulasi mekanis”. Dan pada umumnya definisi komputer pernah digunakan untuk mendeskripsikan dengan memakai atau mungkin tidak memakai alat tolong yang lakukan penghitungan aritmatika.

Pada perang dunia ke ll

kata komputer sendiri digunakan oleh beberapa karyawan wanita Inggris dan Amerika Serikat untuk hitung jalan altileri perang memakai mesin kalkulasi. Ada sebuah design mesin kalkulasi pertama yang disebutkan dengan mesin analitikal yang dibuat oleh Charles Babbage. Dan ada pula slide rule yang disebut alat mesin simpel yang dapat disebutkan sebagai komputer.

PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER
PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER

Definisi komputer

Definisi komputer secara luas ialah mekanisme pengolah info atau yang memproses info. Ada pula pengertian yang lain mengenai komputer yang digunakan sepanjang tahun, dan ada pula sejumlah kata yang memiliki kandungan makna komputer. Hingga dalam pengertiannya ada juga seperti tipe kalkulator teknisi mulai dariabakus dan sebagainya, slide rule dan semua komputer electronic yang kontemporer .

Maka Komputer dapat disimpulkan sebagai “satu piranti electronic atau beberapa kumpulan piranti electronic yang bekerja secara automatis, terpadu dan terkoordinasi yang bisa lakukan beberapa tugas tertentu (misalkan terima, simpan, memproses dan menyuguhkan Data), dikontrol dan dikendalikan oleh perintah atau program yang ada dalam dalamnya (mesin)”.

Menurut pengertian di atas, Komputer terbagi dalam beberapa kumpulan piranti dan perintah atau program yang dalam realitanya keduanya tidak dapat dipisah, baik antara piranti (mesin) tersebut atau di antara mesin dengan perintah atau program. Semua sebagai unit yang sama-sama bekerja bersama dan sama-sama bergantung keduanya. Karenanya komputer sebagai satu mekanisme, Pengertian dan definisi komputer.

Definisi komputer di atas telah sebagai wakil beberapa alat khusus yang cuma bisa mempertimbangkan satu atau mempunyai fungsi-fungsi. Dengan pemrograman yang betul, hingga semua komputer bisa memproses karakter apapun(biasanya terbatasi oleh kemampuan penyimpanan dan kecepatan yang lain sebagai hal yang membandingkan di antara komputer modern(sekarang) dengan komputer yang lebih cepat. Dan ditanggung mesin yang hendak kita buat bisa mengikuti alat perkomputeran pada masa datang, walau memerlukan saat yang lumayan lama.

Dalam sebuah pengertian dan definisi komputer pada umumnya ialah alat yang spesial yang lebih cepat atau test yang
bermanfaat mengenal komputer. Pengertian pada umumnya sebagai salah satunya dari syarat jika elemen satu mesin harus sama dengan mesin Touring universal. Mesin yang serupa dengan Touring universal ini sebagai mesin yang dibuat di tahun 1940 yang ada di tengah aktivitas perkembangan di penjuru dunia. Dan mesin ini dikenali sebagai mesin Touring terkomplet. Untuk memperjelasnya, lihatlah artikel sejarah komputer.

Ada banyak komputer yang memakai arsitektur Von Neumann di tahun 1940 yang diusulkan oleh John von Neumann. Ada banyak definisi komputer dengan 4 sisi khusus yang diarsitekturi oleh Von Neumann, yakni alat saran dan hasil(secara kelompok diberi nama I/O), memory, unit kontrol dan Unit Aritmatika dan Logis(ALU). Dan di tahun 1940 teknologi pada komputer digital telah ganti sampai jadi yang lebih hebat kembali.

Scroll to top